[Ulasan 2] Cloud Storage Types

Pada ulasan video kali ini saya ingin membahas tentang perbedaan antara SAN, DAS, dan NAS. Vide berjudul Cloud Storage Types di-upload tanggal 14 November, 2014 oleh Rackspace, berdurasi 6 menit 41 detik. Video tersebut dapat diakses di https://youtu.be/CczKEbElR9U

Dibahas bahwa pada awalnya, jika kita ingin menambahkan space tambahan pada sebuah server kita harus membongkar pasang server tersebut, tapi sekarang kita hanya perlu menyambungkan sesesuatu semacam storage ke server kita. Storage yang secara fisikan dihubungkan langsung disebut Direct Attached Storage (DAS) seperti USB atau firewire. DAS mulai tidak menguntungkan di saat sekarang orang memerlukan untuk menghubungkan ratusan server secara bersamaan. 

Yang kedua ada Storage Area Network (SAN) yang terhubung dengan komputer oleh sebuah adapter yaitu Host Bus Adapter (HBAS). Pada SAN akan dihubungkan dengan storage yang besar yang membuat banyak server untuk mengakses storage. Kemudian, SAN digabungkan dengan LAN dan dalam LAN, kemudian biasa disebut Network Attached Storage (NAS). 

Dalam video ini dijelaskan dengan ringkat namun padat soal perbedaan tiga jenis storage sistem yaitu DAS, SAN, dan NAS. Sambil berbicara digambarkan juga ilustrasi dari storage system di atas sehingga memperjelas bagaimana arsitekturnya. 

Github account : bthari
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

URL ulasan: http://os-btharis.blogspot.co.id/2017/05/ulasan-2-cloud-storage-types.html
URL Video : https://youtu.be/CczKEbElR9U (6:41)
Video Author : Rackspace
Pemetaan : Week09
Revisi Pertama : 20 Mei 2017
Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Ulasan 1] Non-Preemptive Shortest Job First

RANKING 00